Trio Juara Dunia Grand Prix 2020: Mir, Bastianini, Arenas

Trio Juara Dunia Grand Prix 2020: Mir, Bastianini, Arenas

Info 0 Comments

Jakarta

Kejuaraan dunia balap motor grand prix 2020 sudah tuntas. Tampil sebagai juara dunia Joan Mir (MotoGP), Enea Bastianini (Moto2), serta Albert Arenas (Moto3).

Sebelum race pamungkas di kelas MotoGP, pada MotoGP Portugal, Minggu (22/11/2020) kemarin, Joan Mir sudah lebih dulu memastikan gelar jempolan dunia pada kelas primer.

Titel tersebut direngkuh rider Suzuki Ecstar tersebut pada gelaran MotoGP Valencia di pekan sebelumnya. Justru setelah memastikan gelar jempolan dunia MotoGP, Joan Mir bahkan tak kuasa menambah angka di dalam race terakhir di Portimao.

Buat Joan Mir, itu adalah gelar juara dunia grand prix yang kedua dalam kariernya. Pra ini, ia mampu jadi jempolan dunia Moto3 2017.

Sementara di kelas Moto2, Enea Bastianini tampil sebagai kampiun berkah hasil race di Portugal. Dia mengoleksi 205 poin, di akan dua pesaing kuatnya yakni Luca Marini dan Sam Lowes, dengan sama-sama punya 196 poin.

Race Moto2 di Portugal itu menghadirkan Remy Gardner jadi pemenang. Marini dan Lowes kemudian melengkapi podium lewat finis ke-2 dan ketiga secara berturut-turut.

Enea Bastianini berhak untuk titel juara dunia Moto2 2020 berkat finis kelimanya dalam race tersebut. Ini menjadi gelar juara dunia yang pertama buatnya pada ajang grand prix.

Yang menarik, musim depan Enea Bastianini akan bersaing lagi dengan Luca Marini, adik Valentino Rossi, sebagai rookie MotoGP 2021. Keduanya sama-sama membela tim satelit Ducati pada kelas primer musim ajaran.

Di kelas Moto3, Albert Arenas secara dramatis jadi memastikan titel juara dunia dengan pertama dalam kariernya di medan grand prix, lewat finis ke-12 di Portugal.

Tambahan empat poin dari Arenas itu membuatnya berhasil mengungguli Tony Arbolino dan Ai Ogura, yang sama-sama mengoleksi 170 poin untuk bersandar di posisi kedua dan ke-3 klasemen akhir Moto3.

Tiga besar klasemen akhir MotoGP 2020:
1. Joan Mir
2. Franco Morbidelli
3. Alex Rins

Tiga besar klasemen akhir Moto2 2020:
1. Enea Bastianini
2. Luca Marini
3. Sam Lowes

Tiga besar klasemen akhir Moto3 2020
1. Albert Arenas
2. Tony Arbolino
3. Ai Ogura

(krs/cas)